Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Restart HP Samsung dengan Mudah

Cara Restart HP Samsung dengan Mudah

Cara Restart HP Samsung - Bagi Anda para pemilik HP Samsung, tentunya disini perlu mengetahui bagaimana cara merestart HP Samsung. Karena tidak dapat dipungkiri, bahwasannya ponsel Samsung merupakan salah satu brand yang cukup populer.

Meski begitu terkadang ponsel ini juga kerap mengalami gangguan atau error, karena itulah tindakan restart HP sangat diperlukan di sini. Untuk mengetahui bagaimana cara merestart HP Samsung tersebut, maka Anda perlu membaca ulasan di bawah ini.

Bagaimana Cara Restart HP Samsung?

Ketika HP Anda tengah mengalami masalah, seperti contohnya aplikasi yang tiba-tiba saja keluar ataupun suara yang tidak muncul, freezing dan gagal koneksi, maka tindakan restat HP merupakan salah satu solusi yang paling tepat untuk dilakukan.

Dengan melakukan restart HP tersebut, nantinya ponsel Anda akan mulai bekerja dari awal serta mengesampingkan semua masalah yang muncul. Sehingga dengan begitu HP akan bisa bekerja dengan kondisi yang prima kembali.

Namun tidak dapat dipungkiri di sini, bahwasannya masih terdapat beberapa orang yang tidak tahu bagaimana cara melakukan restart HP Samsung yang benar. Sebenarnya dalam melakukan restart HP Samsung bisa dilakukan dalam beberapa cara, berikut ini akan dijelaskan.

Restart HP Samsung dengan Menggunakan Tombol Power

Salah satu cara merestart HP Samsung yang paling biasa dan umum dilakukan, selain itu juga terbilang praktis dan mudah yaitu dengan Anda menggunakan tombol power. Namun penting untuk Anda ketahui, bahwasannya cara restart yang satu ini tidak akan membuat data Anda yang tersimpan di HP terhapus.

Sehingga dengan begitu efek yang ditimbulkan dengan melakukan restart HP menggunakan tombol power tersebut memang tidak terlalu besar. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu untuk Anda lakukan.

  • Langkah pertama cara merestart HP Samsung yaitu Anda tekan tombol power lebih dahulu, kemudian tunggu beberapa saat hingga akhirnya muncul opsi restart atau mulai lagi.
  • Berikutnya Anda tekan pilihan restart tersebut.
  • Jika Anda sudah memilih opsi restart, maka ponsel Samsung Anda akan secara otomatis memulai proses restart tersebut, dengan ditandai ponsel akan mati untuk beberapa saat kemudian akan menyala kembali.
  • Anda bisa menerapkan cara restart HP Samsung yang satu ini karena memang terbilang mudah dan cepat.

Cara Restart HP Samsung Menggunakan Mode Recovery

Untuk cara merestart HP Samsung berikutnya yang juga bisa Anda terapkan yaitu dengan menggunakan mode recovery. Jika dibandingkan dengan cara restart di atas, maka menggunakan cara recovery ini memang tergolong lebih rumit.

Maka dari itulah, cara tersebut memang cukup jarang dipakai, namun sekalipun begitu, cara ini memang terbilang paling optimal ketika Anda ingin membersihkan semua data di HP dan membuat ponsel Anda seperti layaknya ponsel baru. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu untuk Anda lakukan.

  • Langkah yang pertama yaitu Anda perlu mematikan ponsel lebih dahulu, kemudian masuk dalam mode recovery.
  • Setelah ponsel Samsung Anda mati, maka selanjutnya Anda tinggal menekan dan menahan untuk beberapa saat tombol volume di bagian atas serta tombol power dengan cara menekannya bersamaan, tahan kurang lebih 4 hingga 10 detik.
  • Selanjutnya dilayar akan mulai muncul kondisi mode recovery.
  • Anda pakai tombol volume untuk mengarahkan pilihan. Dalam menu, Anda pilih factory reset lalu tekan tombol power.
  • Setelah Anda menekannya, maka akan muncul pilihan delete all data. Anda di sini tinggal memilihnya untuk melakukan pembersihan semua data yang terdapat di ponsel.
  • Proses restart nantinya akan berjalan dengan otomatis, setelah itu Anda tinggal memilih menu Reboot System Now untuk melakukan restart HP Samsung supaya bisa kembali ke kondisi seperti awal.

Reset Menggunakan Menu Pengaturan Sistem OneUI

Untuk cara merestart HP Samsung yang ketiga yaitu dengan Anda menggunakan menu pengaturan atau setting. Tidak sekedar melakukan restart saja, cara tersebut sekaligus dapat digunakan untuk mereset HP.

Sehingga dengan begitu akan membuat HP Anda jadi lebih ringan seperti halnya kondisi HP yang masih baru. HP Samsung memiliki dua jenis sistem operasional antara lain yaitu TouchWiz dan OneUI. Kedua sistem operasional tersebut memiliki cara yang berbeda-beda dalam melakukan restart.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu untuk Anda lakukan ketika ingin melakukan proses restart.

  • Lebih dahulu Anda buka menu setting atau pengaturan yang terdapat di ponsel.
  • Selanjutnya Anda pilih menu manajemen umum atau general manajemen, selanjutnya Anda menekan pilihan tersebut.
  • Ketika di sini Anda masuk ke dalam menu manajemen umum, maka nantinya Anda bisa menekan reset.
  • Selanjutnya pilih reset data pabrik.
  • Jika Anda sudah menekan factory data reset, maka nantinya akan muncul notifikasi yang berkaitan dengan data-data yang nantinya yang dihapus.
  • Jika Anda ingin melanjutkan proses tersebut, maka Anda tinggal menekan pilihan reset, dengan begitu proses restart sekaligus reset data pabrik akan dijalankan secara otomatis. Setelah proses ini selesai dilakukan ponsel Anda pun akan bekerja jauh lebih ringan dari sebelumnya.

Merestart HP Melalui Menu Pengaturan Sistem TouchWiz

Seperti yang telah di ulas di atas, bahwasannya cara merestart HP Samsung menggunakan sistem TouchWiz cenderung berbeda dengan menggunakan sistem OneUI.

Namun disini Anda tidak perlu khawatir, karena cara merestart HP Samsung menggunakan sistem TouchWiz tersebut juga tidak kalah praktis dan berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama yaitu Anda tinggal menuju ke menu setting atau pengaturan.
  • Selanjutnya Anda tinggal memilih menu backup.
  • Setelah hal tersebut dilakukan, maka pilihan selanjutnya adalah menu factory data reset.
  • Supaya nantinya lebih aman, sebelum Anda melakukan proses reset factory data, maka Anda tinggal menghidupkan tanda centang yang terdapat dalam pilihan backup my data.
  • Jika sudah, Anda pun dapat melakukan klik pilihan factory data reset.

Dengan mengikuti cara di atas dengan benar kalian sudah bisa Merestart hp samsung dengan mudah tanpa harus ke konter service handphone.

Posting Komentar untuk "Cara Restart HP Samsung dengan Mudah"