10 Kumpulan Custom Rom Terbaik Android Saat Ini

 10 Kumpulan Custom Rom Terbaik Android Saat Ini
 10 Kumpulan Custom Rom Terbaik Android Saat Ini
 10 Kumpulan Custom Rom Terbaik Android Saat Ini - Yabs69

Halo sobat Android semua  di manapun kalian berada, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang  10 Kumpulan Custom Rom Terbaik Android Saat Ini, Salah satu kelebihan utama Android adalah sifatnya yang open source. Hal ini memungkinkan para pengembang untuk memodifikasi Android sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, Komunitas pengembang Android pun bisa dikatakan sangat besar. Ada pengembang yang berfokus pada pengembangan aplikasi, game, hingga Custom ROM.

Nah, Para pengembang Custom ROM bisa dikatakan sangat menarik. Karena mereka para pengembang ini melekukan  memodifikasi sistem Android, Mulai dari tampilan hingga fitur, Custom ROM sendiri adalah ROM Android yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

Karena sudah dimodifikasi, Biasanya tampilannya akan berubah dan berbeda dengan Android yang kita kenal biasa nya, Bukan cuma itu saja loh, Terdapat juga banyak Fitur-fitur baru yang tidak ada pada Android kebanyakan, Untuk Kelebihan lainnya, Custom ROM tidak membawa bloatware yang biasanya ada pada ROM buatan vendor. Ini adalah salah satu yang saya suka dari Custom ROM.

12 Custom ROM Terbaik Untuk Android
Untuk kamu yang tertarik untuk menggunakan Custom ROM, sebenarnya ada banyak sekali Custom ROM yang bisa kamu download di internet, Dan dari sekian banyak Custom ROM Android, Yabs69.com telah merangkum dan memilih 10 Custom Terbaik Android. Cekidot.

1. SlimROMS
Apakah kamu adalah pecinta minimalis dan kesederhanaan? Kalau begitu SlimRoms akan sangat cocok untuk kamu, SlimRoms bisa dikatakan adalah Custom ROM paling ringan di planet bumi. SlimRoms menggunakan basis kode dari AOSP dan menambahkan beberapa fitur baru.

Salah satu fitur unik SlimRoms adalah Slim Recents dan Slim PIE, Slim Recents akan menampilkan aplikasi yang baru saja digunakan di sidebar, Sedangkan Slim PIE adalah semacam pengganti navbar. Jadi tampilan smartphone Android kamu benar-benar lain dari yang lain.

Fitur lainnya adalah custom dialer, custom quick settings, dan masih banyak lagi, Secara garis besar, SlimRoms menawarkan antarmuka yang bersih dan juga kemudahan dalam menggunakan smartphone, Saat ini SlimRoms menyediakan ROM nya untuk banyak perangkat dari berbagai vendor. Mulai dari Google, LG, HTC, Moto, Samsung, Xiaomi, OnePlus, dan masih banyak lagi.

Versi terbaru dari SlimRoms ini berbasis Android Nougat 7.1.2. Dan versi Android Oreo nya kemungkinan akan dirilis dalam waktu dekat.

2. LineageOS
Di posisi pertama ada nama yang memang sudah sangat terkenal di dunia Custom ROM Android, yaitu LineageOS, LineageOS sendiri sebenarnya adalah suksesor atau penerus dari CyanogenMod, Untuk kamu yang belum tahu, CyanogenMod dulu adalah Custom ROM Android terpopuler dibawah naungan Cyanogen Inc, yang akhirnya bangkrut pada tahun 2016 lalu.

LineageOS menggunakan basis kode yang sama dengan CyanogenMod. Jadi, kamu bisa mendapatkan semua fitur dan kelebihan yang ada pada CyanogenMod, LineageOS sendiri bisa dikatakan adalah Custom ROM dengan tim pengembang terbanyak di planet bumi. Dan saat ini mendukung lebih dari 190 perangkat Android.

LineageOS sendiri menawarkan banyak sekali fitur dasar dan tambahan, mulai dari kustomisasi status bar, tema, kustomisasi navbar, dan masih banyak lagi, Saat ini LineageOS menawarkan beberapa versi, mulai dari Android Marshmallow (6.x), Nougat (7.x) dan akan segera menghadirkan Android Oreo (8.0), Beberapa perangkat yang didukung Custom ROM ini antara lain adalah Samsung, HTC, Motorola, Xiaomi, LG, OnePlus, dan masih banyak lagi.

3. Resurrection Remix
Jika kamu menginginkan Custom ROM dengan fitur segudang, maka gunakanlah Resurrection Remix, Resurrection Remix adalah salah satu Custom ROM paling terkenal di planet bumi. Menawarkan banyak sekali fitur. Sudah dikembangkan sejak lama dan memiliki basis pengguna yang amat banyak, Salah satu tim di Androbuntu.com juga pernah menggunakannya loh. Dan sangat puas dengan semua fitur yang ada.

Para pengembang Resurrection Remix ingin menghadirkan sebanyak mungkin fitur ke dalam Custom ROM buatan mereka, Tidak heran kalau saat ini RR menggunakan basis kode dari AOSP, LineageOS, SlimRoms, dan Paranoid Android, Semua fitur yang ada pada Custom ROM populer tersebut, sudah pasti ada juga pada Remix Resurrection.

Bukan cuma itu saja, Resurrection Remix juga memiliki banyak sekali fitur uniknya sendiri, Namun karena banyaknya fitur ini membuat Custom ROM yan satu ini menjadi sedikit berat. Kadan ROM ini juga sedikit kurang stabil.

Saat ini RR bisa di install pada banyak sekali merk smartphone. Mulai dari OnePlus, Huawei, Moto, Lenovo, LG, HTC, Samsung, dan masih banyak lagi, Resurrection Remix juga salah satu Custom ROM yang selalu menggunakan Android versi terbaru. Saat ini RR menggunakan Android Oreo sebagai basisnya.

4. Paranoid Android
Custom ROM lainnya dengan desain yang bagus serta banyaknya fitur tambahan, Paranoid Android. Bisa dikatakan ini adalah salah satu ROM terpopuler yang ada, Paradoid Android berfokus agar penggunaan resource bisa seminim mungkin. Di satu sisi, tampilan juga jadi fokus utama.

Walaupun pilihan kustomisasinya tidak sebanyak Cutom ROM lain, tapi Paranoid Android atau PA memiliki fitur uniknya sendiri, yaitu Hover Mode, Fitur ini memungkinkan kamu untuk melihat dan berinteraksi dengan notifikasi dari laya manapun juga. Jadi kamu tidak perlu meninggalkan aplikasi untuk membalas SMS, misalnya.

Paranoid Android juga menawarkan fitur yang mirip dengan SlimRoms, yaitu PIE menu, Dengan PIE menu, tiga tombol navigasi utama (home, back, recent) akan terlihat melengkung. Sehingga tidak terlalu memakan banyak tempat, Saat ini PA berbasis Android Nougat 7.1.2. Sedangkan versi Android Oreo nya akan dirilis tidak lama lagi, Paranoid Android sendiri bisa digunakan pada Nexus, Pixel, OnePlus, Sony, Oppo, dan masih banyak lagi.

5. AOSP Extended
Sama seperti namanya, AOSP Extended adalah Custom ROM yang berbasis source code dari AOSP, dengan berbagai modifikasi dan penambahan fitur baru, Sama seperti Custom ROM lainnya pada daftar ini, AOSP Extended juga menawarkan pengalaman anti-lag dan smooth.

Bukan cuma itu saja, AOSP Extended juga menawarkan banyak sekali fitur. Mulai dari modifikasi status bar, loock screen, settings, dan masih banyak lagi, AOSP Extended juga “mengambil” beberapa fitur dari Custom ROM lain. Seperti DU-Navbar, Kelebihan AOSP Extended lainnya adalah pengembangannya yang sangat aktif. Update nya sangat cepat.

Beberapa perangkat smartphone yang didukung AOSP Extended antara lain adalah OnePlus, Samsung, HTC, Lenovo, Xiaomi, LG, dan masih banyak lagi.

6. Pure Nexus
Bayangkan kamu menggunakan Stock ROM, tapi dengan berbagai tweaks yang akan membuat smartphone kamu semakin menyenangkan, Seperti itulah rasanya ketika menggunakan Custom ROM bernama Pure Nexus.

Jika kamu saat ini menggunakan smartphone Nexus atau Pixel, maka Custom ROM yang satu ini sangat cocok kamu gunakan, Pasalnya Custom ROM ini memang dikembangkan khusus untuk kedua perangkat tersebut. Sama seperti namanya.

Sama seperti Stock ROM pada perangkat Nexus dan Pixel, Custom ROM ini berbasis AOSP. Bedanya, ada banyak sekali tambahan fitur dengan sedikit sekali bugs, bahkan bisa dikatakan tidak ada, Dari pengalaman saya menggunakan Pure Nexus, baterai smartphone bisa bertahan lebih lama daripada ketika menggunakan Sock ROM.

Saat ini Pure Nexus mendukung beberapa perangkat, termasuk Nexus dan juga Pixel. Tapi ROM ini juga sudah di porting ke beberapa perangkat lainnya, Dan tentu saja, Pure Nexus sudah menggunakan Android Oreo 8.0.

7. MIUI
Sepertinya untuk Custom ROM yang satu ini kita semua sudah mengenalnya dengan cukup baik. MIUI memang menjadi antarmuka bawaan seluruh perangkat smartphone buatan Xiaomi, kecuali Mi A1, MIUI sejatinya adalah Android yang dibalut dengan antarmuka khusus buatan Xiaomi yang membuatnya terlihat sangat berbeda dari Android murni.

Banyak yang bilang bahwa MIUI tampilannya sangat mirip seperti iOS. Tapi itu dulu, Kini MIUI memiliki ciri khas nya sendiri, Sama seperti Custom ROM lainnya, MIUI juga menawarkan banyak sekali fitur tambahan yang tidak ada pada Android murni.

Sudah tidak usah saya sebutkan lagi banyaknya fitur MIUI. Karena di Androbuntu.com juga sudah sering saya bahas mengenai fitur-fitur yang ada pada Custom ROM keren ini, Selain tersedia secara default untuk perangkat Xiaomi, MIUI juga bisa di install pada perangkat Moto, Oppo, Meizu, Huawei, dan masih banyak lagi.

8. FlymeOS
Custom ROM berikutnya juga tidak kalah cantik dari segi tampilan. Yaitu FlymeOS, FlymeOS adalah ROM resmi yang digunakan perangkat-perangkat buatan Meizu. Tapi saat ini FlymeOS juga sudah bisa diinstall digunakan di perangkat lain.

FlymeOS bisa dikatakan adalah pesaing dari MIUI. Karena secara tampilan keduanya hampir sama, Beberapa fitur unik yang dimiliki FlymeOS antara lain adalah Toolbox yang terdiri dari compas, leveler, ruler, dan masih banyak lagi, Sama seperti MIUI, FlymeOS juga dilengkapi dengan Security Center dan juga Tema.

Jadi, kamu bisa mengganti-ganti tampilan FlymeOS jika bosan dengan satu tema, Saat ini FlymeOS menggunakan Android Marshmallow sebagai basisnya. Tapi versi beta dari Android Nougatnya sudah bisa kamu gunakan.

9. Xosp
XOSP adalah kepanjangan dari Xperia Open Source Project. Seperti namanya, XOSP menggunakan basis dari kode yang digunakan oleh perangkat Android Xperia buatan Sony, Seperti yang kita ketahui, mungkin tidak semua orang menyukai Stock ROM yang digunakan Sony pada perangkat Xperianya.

Tapi harus kita akui bahwa Sony dengan jajaran Xperia nya memiliki kualitas audio dan video yang baik, Nah, hal inilah yang coba diadaptasi oleh pengembang XOSP, Custom ROM ini akan meningkatkan kualitas audio dan video di smartphone kamu.

Secara keseluruhan XOSP akan sangat cocok untuk kamu para penggemar multimedia, baik suara maupun video, Saat ini XOSP menggunakan Android Marshmallow dan Nougat. Sedangkan versi Oreo nya akan segera dirilis dalam waktu dekat.

10. ViperOS
Satu lagi Custom ROM yang menggunakan basis kode dari AOSP adalah ViperOS. Tapi tentu saja, Custom ROM ini juga menawarkan fitur-fitur uniknya sendiri, Dibandingkan dengan Custom ROM lainnya dalam daftar ini, ViperOS bisa dikatakan adalah proyek baru.

Pengembangan ViperOS dimulai pada era Android Nougat 7.1, Namun Custom ROM ini berhasil meraih kesuksesan berkat berbagai macam fitur yang ditawarkannya, ROM ini terasa simpel, dan sangat solid. Jadi sangat cocok dipakai pada smartphone untuk penggunaan sehari-hari.

Baru-baru ini ViperOS juga mengupdate ROM nya menggunakan Android Oreo 8.0, Jadi dukungan aplikasinya semakin luas. Dan kelebihan lain dari ViperOS adalah masa pakai baterai smartphone jadi semakin panjang, Saat ini ViperOS memang hanya mendukung sedikit perangkat saja. Tapi itu wajar karena ViperOS adalah Custom ROM baru. Dan saya rasa akan semakin banyak perangkat yang didukung oleh ViperOS.

Baikalah sobat semua, Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan tentang 10 Kumpulan Custom Rom Terbaik Android Saat Ini, Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna buat sobat semua,  Terima Kasih.

Related Post :

Buka Komentar