Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Custom Domain TLD

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Custom Domain TLD
Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Custom Domain TLD
Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Custom Domain TLD - Mendengar kata Domain, apa yang ada di benak sobat? Ya domain adalah kata terakhir setelah alamat URL blog kita contohnya http://tips-anas.blogspot.com tetapi itu masih menggunakan subdomain blogspot yang artinya blog masih belum berdomain custom TLD. Custom Domain TLD adalah domain yang bertingkat Top Level Domain atau domain yang bertaraf internasional seperti .com .org .net .biz dan masih banyak yang lain nya. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara mendetail mengenai Kelebihan Dan Kekurangan dalam menggunakan Custom Domain TLD pada blog.

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Custom Domain TLD

Oh iya, sebelumnya untuk mengganti alamat URL blog sobat menjadi Custom Domain TLD tidak lah gratis, sobat harus terlebih dahulu memesan domain TLD yang diinginkan ke seller yang sobat percaya seperti Idhostinger, atau yang lain nya. Masa aktif domain TLD sendiri berlaku pertahun artinya setelah membeli nya maka sobat harus memperpanjang nya tahun depan, jika tidak maka domain TLD tersebut akan hangus dan URL blog sobat akan kembali menggunakan subdomain blogspot.com Oh iya dengan menggunakan domain TLD juga sobat bisa mendapatkan akun Google AdSense bertipe Non Hosted yang dimana kode iklan nya bisa ditempatkan ke semua blog sobat.



Sebelum membeli domain TLD alangkah baiknya sobat harus paham betul bagaimana cara kerja Custom Domain TLD terhadap blog sobat dan apa saja kelebihan dan kekurang nya. Baiklah berikut Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Custom Domain TLD


  • Kelebihan Menggunakan Domain TLD
1. Blog Menjadi Lebih SEO
Kelebihan pertama dalam menggunakan domain TLD adalah, karena URL blog sobat akan dipersingkat maka blog sobat juga akan dianggap lebih SEO dan lebih diutamakan oleh Search Engine. Perubahan ini sendiri sudah saya rasakan selama lebih dari 2 bulan menggunakan domain TLD anastips.com

2. Lebih Mudah Diingat
Dengan menggunakan domain TLD tentunya alamat blog sobat akan dipersingkat dan akan memberikan dampak positif, yaitu visitor akan lebih mudah mengingat alamat domain sobat dan visitor baru juga bisa saja akan kembali mengunjungi blog sobat tersebut.

3. Tampak Lebih Professional
Dengan menggunakan domain berbayar terutama berekstensi .com yang sudah banyak digunakan akan membuat blog sobat terlihat lebih professional dan resmi sehingga visitorpun akan menganggap bahwa blog sobat tersebut diurus dengan serius. Terutama jika sobat menjual sesuatu atau membuka jasa maka tentu domain TLD sangat diperlukan karena sebenarnya domain TLD juga bisa menjamin keamanan suatu blog dari penipuan atau kasus yang lain nya.

Nah mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai kelebihan dalam menggunakan custom domain TLD. Ya intinya dengan menggunakan domain TLD mencerminkan bahwa blog tersebut sudah professional dan resmi serta diurus dengan baik.

  • Kekurangan Menggunakan Domain TLD
1. Harus Beli
Ya zaman sekarang mana ada yang gratis, hehe.. Untuk mendapatkan domain TLD berekstensi .com .net .org .biz atau lain nya sobat harus menyewa server terlebih dahulu atau istilah lain nya, beli. Sobat bisa mencari seller domain TLD dengan mudah di Google atau bisa tanya kepada teman blogger sobat seller rekomendasi untuk membeli domain TLD. Harga 1 tahun domain TLD pun bervariasi tergantung pelayanan nya. Berkisar antara Rp50.000-Rp120.000

2. Seperti Memulai Blog Dari 0
Kekurangan yang kedua sekaligus terakhir dalam menggunakan domain TLD adalah blog sobat akan kembali dianggap berumur 0 artinya semua index di Search Engine akan kembali 0 dan sobat akan merasakan penurunan visitor yang drastis. Ini adalah hal yang wajar karena perubahan alamat URL blog memang mempengaruhi. Ibarat sebuah rumah dimana sudah banyak orang yang tahu rumah sobat lalu sobat pindah membeli rumah yang lebih bagus tentu sobat harus kembali memperkenalkan rumah sobat tersebut. Maka sobat harus kembali memainkan SEO, berpromosi dan menanam backlink kembali. Tapi, ini tidak akan berlangsung lama, setelah sekitar 2 minggu - 1 bulan traffic akan normal kembali dan sobat bisa melanjutkan post lagi.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan Domain TLD. Jika sobat bertanya kepada saya maka saya akan sangat merekomendasikan sobat untuk membeli domain TLD secepatnya agar proses indexing akan lebih mudah jika blog sobat masih baru. Soal seller saya tidak bisa merekomendasikan karena kenyamanan serta rasa aman setiap orang pastinya berbeda.

Baikalah sobat semua itulah postingan dari saya tentang Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Custom Domain TLD, Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna buat sobat semua, Apabila ada yang sobat kurang paham silahkan bertanya ke saya di kolam komentar, Apabila saya tidak sibuk akan langsung saya balas, Terima Kasih.

Related Post :

Buka Komentar